Sabtu, 13 November 2010

Partisipasi Pemuda dalam Menghadapi Bencana Alam

Akhir-akhir ini banyak sekali musibah yang dialami negara tercinta kita seperti tanah longsor, gempa bumi, banjir, tsunami dan Meletusnya gunung merapi.. Hal ini terjadi  mungkin karena kesalahan atau kelalaian dari masyarakat kita yang kurang disiplin dalam menjaga alam kita. Jikamemang benar bencana ini terjadi karena kesalahn kita, seharusnya kita sebagai generasi penerus bangsa perlu mengingatkan kepada mereka-mereka yang merusak lingkungan di sekitar kita. Supaya dalam membuat atau membangun sesuatu harus disertai dengan kesetimbangan ekosistem yang akan menjadikan alam kita harmonis dan selaras. Dan juga dapat mencegah dan mengurangi terjadinya bencana alam.

Bentuk partisipasi kita sebagai generasi penerus bangsa dapat melakukannya dengan :
I. Melakukan perbaikan lingkungan, dengan mengadakan reboisasi besar-besaran . Pelestarian alam juga bisa dilakukan dari hal kecil seperti, membuang sampah tidak sembarangan, memilah dan memilih antara sampah organik dan non organik, dan membuat resapan air, menanam pohon dilingkungan kampus atau rumah,serta ikut mengurangi penggunaan bahan bakar yang dapat mencemari udara.
II. Penanggulan Bencana, peran pemuda harus gigih dan siap dalam membantu segala kegiatan yang dapat meringankan beban masyarakat yang terkena musibah, seperti : menggalang dana, ikut membantu pencarian korban bencana, memperbaiki jalan-jalan yang rusak, membantu memperbaiki rumah-rumah penduduk yang rusak, mengevakuasi korban bencana, dll.

Bencana datang secara tiba-tiba  dan tidak dapat diprediksi sehingga banyak korban yang tidak tertolong. Dan  kita sebagai pemuda seharusnya ikut serta dalam memberikan atau menjelaskan bagaimana cara berlindung atau menyelematkan diri dari bencana kepada orang-orang yang tinggal di daerah rawan bencana,seperti di daerah pesisir pantai dan di daerah pegunungan dengan adanya simulasi bencana alam yang mungkin akan mengurangi jumlah korban.
Semoga saja bencana yang terjadi di negeri kita cepat selesai.
AMIIN.....

1 komentar: