Rabu, 16 Maret 2011

ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu Budaya Dasar (IBD) adalah ilmu pengetahuan yangmempelajari dasar-dasar kebudayaan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang mempelajari dasar dana pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dankebudayaan. 
Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa inggris the Humanities, yang berasal dari bahasa latin humnus yang artinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities diharapkan seseorang tersubut akan bisa menjadi lebih manusiawi dan lebih berbudaya. Secara umum, kebudayaan adalan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani.


Unsur-unsur kebudayaan : 
  1. Sistem Religi/Kepercayaan
  2. Sistem Organisasi Kemasyarakatan
  3. Ilmu Pengetahuan 
  4. Bahasa dan Kesenian 
  5. Mata Pencaharian Hidup 
  6. Peralatan dan Teknologi 
Pokok-pokok yang terkandung dari beberapa definisi kebudayaan :
  1. Kebudayaan yang terdapat antara umat manusia sangat beragam 
  2. Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran 
  3. Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi 
  4. Kebudayaan berstuktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat, budaya daerah dan budaya nasional. 
Aspek-aspek dalam kebudayaan : 
  1. Kesenian 
  2. Bahasa 
  3. Adat Istiadat 
  4. Budaya daerah 
  5. Budaya nasional 
Contoh Ilmu Budaya Dasar Di Sekitar Kita 

Ada banyak sekali masalah sosial dilingkungan sekitar kita. Contohnya masalah sosial adalah masalah kependudukian, keamanan, sampah, kebakaran , pencemaran lingkungan, rusaknya atau buruknya fasilitas umum, penyalagunaan narkoba, pemborosan energi, kelangkaan barang kebutuhan, dan masih banyak lagi. Untuk itu solusinya yaitu kita sangat perlu mempertahankan kebudayaan kita dan melestarikannya, agar budaya kita tidak pudar dan punah. Dan kita harus berusaha mencapai hasil yang terbaik dalam hidup kita sehingga kita akan menjadi manusia yang berkualitas dan dapat membantu mengurangi masalah-masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar